Asbabun Nuzul Surat Adz-Dzariyat Ayat 54-55

Asbabun-Nuzul-Surat

Surat Adz-Dzariyat Ayat 54-55

فَتَوَلَّ عَنْهُمْ فَمَآ اَنْتَ بِمَلُوْمٍ ٥٤ وَذَكِّرْ فَاِنَّ الذِّكْرٰى تَنْفَعُ الْمُؤْمِنِيْنَ ٥٥

54. Berpalinglah dari mereka, maka engkau sama sekali bukan orang yang tercela. 55. Teruslah memberi peringatan karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang mukmin.

Asbabun Nuzul Surat Adz-Dzariyat Ayat 54-55

Ibnu Mani’, Ibnu Rahawaih dan Al-Haitsam ibn Kulaib dalam kitab-kitab mereka mengemukakan riwayat dari Mujahid dari Ali yang berkata, “tatkala turun ayat 54 surah Adz-Dzariyat, ‘Maka berpalinglah engkau dari mereka, dan engkau sama sekali tidak tercela,’ kami langsung meyakini bahwa dirinya akan celaka. Hal itu karena (dalam ayat itu) Rasulullah diperintahkan untuk berpaling dari kami. Akan tetapi, setelah itu turunlah ayat 55, ‘Dan tetaplah member peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang mukmin.’ Hal itu membuat hati kami kembali tenang.”

Ibnu Jarir meriwayatkan dari Qatadah yang berkata, “Disampaikan kepada kami bahwa ketika turun ayat 54, para sahabat Rasulullah langsung diliputi kekhawatiran. Mereka berfikir bahwa wahyu telah terputus kepada Rasulullah, sementara azab akan segera datang. Allah lalu menurunkan ayat 55.”

Asbabun Nuzul Surat Lain

Asbabun nuzul selain surat Adz-Dzariyat Ayat 54-55 ada di daftar asbabun nuzul surat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *