Asbabun Nuzul Surat Al-Ahzab Ayat 9

Asbabun-Nuzul-Surat

Surat Al-Ahzab Ayat 9

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اذْكُرُوْا نِعْمَةَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ جَاۤءَتْكُمْ جُنُوْدٌ فَاَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ رِيْحًا وَّجُنُوْدًا لَّمْ تَرَوْهَا ۗوَكَانَ اللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرًاۚ ٩

9.  Wahai orang-orang yang beriman, ingatlah nikmat Allah (yang telah dikaruniakan) kepadamu ketika bala tentara datang kepadamu, lalu Kami kirimkan kepada mereka angin topan dan bala tentara (malaikat) yang tidak dapat terlihat olehmu.610) Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

610) Ayat ini menerangkan kisah bala tentara kafir yang dikalahkan dalam Perang Khandaq (Ahzab).

Asbabun Nuzul Surat Al-Ahzab Ayat 9

Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dalam kitab Ad-Dalail yang bersumber dari Hudzaifah, dikemukakan bahwa pada waktu peperangan Al-Ahzab pada malam yang sangat gelap gulita para sahabat Rasulullah bersiap-siap menantikan pasukan musuh. Terlihatlah pasukan yang dipimpin Abu Sufyan berada diatas pasukan kaum Muslimin (diatas bukit), sedangkan orang-orang Yahudi Bani Quraizhah (sekutu Abu Sufyan) berada di bagian bawah (lembah-lembah). Dikhawatirkan mereka akan mengganggu keluarga dan anak kaum muslimin. Pada malam itu angin terasa berhembus dengan sangat kencang, sehingga kaum munafikin meminta kepada Nabi untuk meninggalkan tempat itu dengan alasan rumah mereka kosong, padahal sebenarnya mereka akan melarikan diri. Setiap orang meminta izin kepada Nabi Saw. Diizinkannya mereka dan mereka terus lari bersembunyi. Ketika Nabi memeriksa pasukan kaum muslimin, seorang-seorang sampailah kepada Hudzaifah, dan bersabda: “Cobalah sellidiki keadaan musuh”. Hudzaifah pun berangkat dan melihat angin menghantam perkemahan musuh, sehingga tidak ada sejengkal pun perkemahan yang luput dari serangan angin itu, dan juga mendengar kemah-kemah dan barang-barang terlempar batu yang dibawa angin dan mereka berteriak mengajak kawannya mundur. Kemudian Hudzaifdah menghadap kepada Rasulullah dan melaporkan hal ihwal musuh. Maka turunlah ayat ini sebagai perintah untuk selalu mengingat akan nikmat yang diberikan oleh Allah Swt.

Asbabun Nuzul Surat Lain

Asbabun nuzul selain surat Al-Ahzab Ayat 9 ada di daftar asbabun nuzul surat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *