Asbabun Nuzul Surat Al-Jasiyah Ayat 23

Asbabun-Nuzul-Surat

Surat Al-Jasiyah Ayat 23

اَفَرَءَيْتَ مَنِ اتَّخَذَ اِلٰهَهٗ هَوٰىهُ وَاَضَلَّهُ اللّٰهُ عَلٰى عِلْمٍ وَّخَتَمَ عَلٰى سَمْعِهٖ وَقَلْبِهٖ وَجَعَلَ عَلٰى بَصَرِهٖ غِشٰوَةًۗ فَمَنْ يَّهْدِيْهِ مِنْۢ بَعْدِ اللّٰهِ ۗ اَفَلَا تَذَكَّرُوْنَ ٢٣

Tahukah kamu (Nabi Muhammad), orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Tuhannya dan dibiarkan sesat oleh Allah dengan pengetahuan-Nya,688) Allah telah mengunci pendengaran dan hatinya serta meletakkan tutup atas penglihatannya, siapakah yang mampu memberinya petunjuk setelah Allah (membiarkannya sesat)? Apakah kamu (wahai manusia) tidak mengambil pelajaran?

688) Allah membiarkan orang itu sesat karena Allah mengetahui bahwa ia tidak menerima petunjuk yang Dia berikan kepadanya.

Asbabun Nuzul Surat Al-Jasiyah Ayat 23

Diriwayatkan oleh Ibnul Mundzir dari Sa’id bin Jubair yang berkata,”Bahwa orang Quraisy biasa menyembah batu untuk beberapa waktu lamanya. Apabila mereka mendapatkan sesembahan yang lebih bagus,mereka meninggalkan yang lama dan menyembah yang baru. Maka Allah menurunkan ayat ini yang melukiskan keadaan kaum Quraisy yang selalu mengikuti hawa nafsunya dalam beribadah.

Asbabun Nuzul Surat Lain

Asbabun nuzul selain surat Al-Jasiyah Ayat 23 ada di daftar asbabun nuzul surat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *