Asbabun Nuzul Surat Ar-Rad Ayat 8

Asbabun-Nuzul-Surat

Surat Ar-Rad Ayat 8

اَللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَحْمِلُ كُلُّ اُنْثٰى وَمَا تَغِيْضُ الْاَرْحَامُ وَمَا تَزْدَادُ ۗوَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهٗ بِمِقْدَارٍ ٨

8.  Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan dan apa yang berkurang (tidak sempurna dalam) rahim dan apa yang bertambah. Segala sesuatu ada ketentuan di sisi-Nya.

Asbabun Nuzul Surat Ar-Rad Ayat 8

At-thabrani dan lainnya meriawayatkan dari ibnu abbas bahwa Arbadh bin Qais dan Amir bin thufail datng ke madinah menemui Rasulullah. Lalu amir bekata, ‘Hai Muhammad, apa yang kamu berikan kepadaku kalau akau masuk Islam? Beliau menjawab,’kamu mendapat hak seperti hak yang yang dimiliki kaum muslimin dan kamu juga memikul kewajiban seperti mereka’ Ia berkata lagi, ” apakah engkau akan menyerahkan kepemimpinan kepadaku setelah engkau wafat? Nabi menjawab, “hal itu bukan menjadi hakmu dan kamummu’ Akhirnya kedua orang itu pergi. Kemudian amir berkata kepad arbad,”aku akan menarik perhatian Muhammad dengan perbincangan , lalu tikamlah dia dengan pedang.’ Mereka pun kembali. Amir berkata,”Hai Muhammad, kemarilah! Mari kita bicara”. Beliau bangkit lalu berbicara dengannya, sementara arbad mulai menghunus pedangnya. Tapi baru saja dia meletakkan tangannya di gagang pedang, rasulullah menoleh sehingga melihatnya. Kemudian beliau meninggalkan mereka berdua. Akhirnya keduanya pergi hingga ketika mereka berada di ar-raqm, Allah mengirimkan petir yang menewaskan Arbad, lalu allah menurunkan ayat ini.

Asbabun Nuzul Surat Lain

Asbabun nuzul selain surat Ar-Rad Ayat 8 ada di daftar asbabun nuzul surat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *