Asbabun Nuzul Surat At-Taubah Ayat 79

Asbabun-Nuzul-Surat

Surat At-Taubah Ayat 79

اَلَّذِيْنَ يَلْمِزُوْنَ الْمُطَّوِّعِيْنَ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ فِى الصَّدَقٰتِ وَالَّذِيْنَ لَا يَجِدُوْنَ اِلَّا جُهْدَهُمْ فَيَسْخَرُوْنَ مِنْهُمْ ۗسَخِرَ اللّٰهُ مِنْهُمْ ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ ٧٩

79.  Orang-orang (munafik) yang mencela orang-orang beriman yang memberikan sedekah dengan sukarela, (mencela) orang-orang yang tidak mendapatkan (untuk disedekahkan) selain kesanggupannya, lalu mereka mengejeknya. Maka, Allah mengejek mereka dan bagi mereka azab yang sangat pedih.

Asbabun Nuzul Surat At-Taubah Ayat 79

Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari lbnu Mas’ud, katanya,”Ketika turun ayat sedekah, kami memikul harta benda kami di atas punggung kami. Lalu datanglah seseorang yang menyedekah kami harta yang banyak. Orang-orang pun berkata ‘Dia mau pamer!’ Kemudian datang pula seseorang yang menyedekahkan satu shaa’, dan mereka berkata, ‘Sungguh Allah tidak memerlukan sedekah orang ini!’ Maka turunlah ayat, ‘(Orang munafik) yaitu mereka yang mencela orang-orang beniman…”

Hal senada disebutkan dalam hadits Abu Hurairah, Abu ‘Uqail, Abu Sa’id al-Khudri, Ibnu Abbas, dan ‘Umairah bin Suhail bin Rafi’, yang semuanya diriwayatkan oleh Ibnu Mardawaih.

Asbabun Nuzul Surat Lain

Asbabun nuzul selain surat At-Taubah Ayat 79 ada di daftar asbabun nuzul surat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *