Asbabun Nuzul Surat Hud Ayat 5

Asbabun-Nuzul-Surat

Surat Hud Ayat 5

اَلَآ اِنَّهُمْ يَثْنُوْنَ صُدُوْرَهُمْ لِيَسْتَخْفُوْا مِنْهُۗ اَلَا حِيْنَ يَسْتَغْشُوْنَ ثِيَابَهُمْ ۙيَعْلَمُ مَا يُسِرُّوْنَ وَمَا يُعْلِنُوْنَۚ اِنَّهٗ عَلِيْمٌ ۢ بِذَاتِ الصُّدُوْرِ ۔ ٥

5.  Ketahuilah bahwa sesungguhnya mereka menutupi (apa yang ada dalam) dada mereka untuk menyembunyikan diri dari-Nya. Ketahuilah bahwa ketika mereka menyelimuti dirinya dengan kain, Dia mengetahui apa yang mereka sembunyikan dan apa yang mereka nyatakan. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (segala) isi hati.

Asbabun Nuzul Surat Hud Ayat 5

Bukhari meriwayatkan dari ibnu abbas tentang firmannya, “ingatlah , sesungguhnya mereka (munafik) memalingkan dada untuk menyembunyikan diri dari Muhammad…”. Dikatakan, dahulu ada sebagian orang yang malu membuang hajat karena kemaluannya akan terlihat langit dan malu menggauli istri karena kemaluannya akan terlihat langit, maka turunlah yat ini.

Ibnu jarir dan lainya meriwayatkan dari Abdullah bin syaddad. Dahulu seseorang apabila berpapasan dengan Nabi saw, memiringkan tubuhnya dan menyelimutkan pakaiannya agar tidak terlihat beliau. Maka turunlah ayat ini.

Asbabun Nuzul Surat Lain

Asbabun nuzul selain surat Hud Ayat 5 ada di daftar asbabun nuzul surat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *