Mendaki gunung merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan. Jawa Barat merupakan salahsatu provinsi di pulau jawa, tidak heran jika jawa bara memiliki gunung-gunung yang indah dan cocok untuk didaki, ketinggian gunung di jawa barat bervariasi, ada yang rendah dan ada yang tertinggi, lalu mana saja gunung yang direkomendasika untuk didaki ketika libur?

Nah, dibawah ini ada rangkuman 4 gunung tertinggi dan terindah di Jawa Barat yang menjadi rekomendasi untuk kegiatan mendaki gunung.

1. Gunung Ciremai – 3.078 Mdpl

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di jawa barat, ketinggian gunung ini mencapai 3.078 mdpl. Gunung ini terletak di antara Kabupaten Majalengka dan Kuningan. Jalur pendakian gunung ciremai ada 2 yaitu via apuy dan via linggarjati. Biasanya untuk pendakian akan memakan waktu 8 s.d 9 jam tergantung kondisi fisik pendaki.

Dari puncak gunung ciremai kamu bisa pemangandangan samudara awan (jika pagi-pagi), kemudian menuju siang kamu bisa melihat gunung dan pemukiman yang berada disekitar majalengka dan kuningan.

Pada puncak gunung Ciremai terdapat kawah yang lumayan dalam sekitar 50 meter kebawah, jadi jika hendak kepuncak disarankan untuk berhati-hati agar tidak terperosok kedalam kawah.

2. Gunung Pangrango – 3.019 Mdpl

Gunung Pangrango adalah gunung kedua tertinggi di jawa barat dengan ketinggian mencapai 3.019 mdpl, gunung ini terletak diperbatasan KabupatenSukabumi, Bogor dan Cianjur. Pendakian gunung pangrango sendiri bisa memakan waktu 8 s.d 10 jam tergantung kondisi dan kekuatan fisik.

Gunung pangrango memiliki Lembah Mandalawangi yang ditumbuhi banyak bunga edelweiss. Dari puncak pangrango ke lembah Mandalawangi memerlukan waktu 15 menit untuk sampai.

Baca Juga :   Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Hiking

Pemandangan diatas puncak gunung pangrango sangat indah, tapi saya dipuncak pangrango view samudera awan tidak terlihat jelas karena terhalang rerimbunan pohon hutan yang masih asri. Tapi jangan hawatir masih ada lembah mendalawangi yang begitu indah.

Bagikan:

Admin

Walaupun lambat teruslah berjalan, tinggalkan kata sebagai jejak kehadiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.