Gunung Tertinggi di Indonesia – Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, baik laut maupun daratnya. Terbentang di garis katulistiwa dan mendapat julukan negara cincin api tidak heran jika Indonesia memiliki ribuan pengunungan yang menjulang tinggi dari sabang sampai Merauke.

Gunung berapi atau bukan tetap saja gunung yang ada di Indonesia selalu menjadi tujuan pendakian baik oleh warga lokal maupun warga mancanegara, hal ini karena pemandangan yang ditawarkan sungguh menakjubkan.

Bagi kamu yang suka mendaki dan berjiwa petualang Indonesia adalah negara yang cocok untuk kamu, gunung-gunung menjulang tinggi yang tak ada habisnya untuk didaki serta pemandangan hutan tropis yang masih asri.

Berikut ini 5 gunung tertinggi yang ada di Indonesia yang admin foifo telah rangkum, janga lupa bagikan pengalaman kalian jika sudah mengunjungi 5 gunung tertinggi di Indonesia ini.

1. Puncak Jaya – Papua

Cartenz Pyramid atau lebih dikenal dengan nama Puncak Jaya merupakan bagian dari barisan pegunungan Sudirman di provinsi Papua serta menjadi gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 4.884 Mdpl dan Menjadi salahsatu dari tujuh puncak yang ada di dunia, pada puncak Indonesia ini kamu akan menemukan satu-satunya salju (gletser tropika) di Indonesia.

Puncak jaya sering dijadikan destinasi pendakian, namun jika kamu ingin mendaki kesini harus kuat dari segi fisik dan ekonomi, selain biaya perjalanan yang cukup menguras kantong, trak pendakianpun sangat berat, di dekat puncak kamu akan melewati lempengan es.

2. Gunung Kerinci – Jambi

Gunung kerinci merupkan gunung yang terletak di provinsi jambi Sumatra ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia kedua setelah puncak jaya Wijaya. Gunung ini memiliki ketinggian 3.805 Mdpl dan merupakan gunung berapi aktif.

Baca Juga :   Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Hiking

Gunung tertinggi di Sumatra ini sering didaki oleh para pendaki Indonesia, dan menjadi gunung favorit karena keindahan alamnya.

3. Gunung Rinjani – Nusa Tenggara Barat

Gunung rinjani berada di kepulauan Nusa Tenggara Barat, lebih tepatnya di pulau Lombok. Lombok Selain terkenal dengan kekayaan lautnya, Lombok terkenal juga dengan gunung rinjaninya yang begitu indah.

Berada pada ketinggian 3.762 Mdpl menjadikan gunung rinjani sebagai gunung tertinggi di Indonesia ke-3, Pendakian gunung rinjani dibuka sepanjang tahun dan pendaftarannyapun online, ada hal yang unik dari gunung rinjani, yaitu danau segara anak yang bisa kamu lihat dari puncaknya.

4. Gunung Semeru – Jawa Timur

gunung-semeru

Semeru adalah gunung berapi aktif dan tertinggi di pulau Jawa, Gunung Semeru merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.676 Mdpl. Gunung berapi yang berlokasi di malang jawa timur ini sangat popular apalagi setelah debut film “5 cm”, film ini menceritakan perjalan mendaki gunung semeru.

Medan pendakian gunung semeru cukup berat apalagi trak pasir menuju puncak, diperlukan stamina yang baik agar bisa mecapai puncak. Tapi jangan khawatir setelah mencapai puncak semua kelelahan akan terbayarkan oleh indahnya alam semeru.

5. Gunung Sanggar – Nusa Tenggara Barat

gunung-sanggar

Gunung sanggar adalah gunung yang berlokasi di Lombok nusa tenggara barat dan memiliki ketinggian 3.564 Mdpl, sayangnya gunung ini tak setenar gunung rinjani, walaupun tidak tenar tetap saja gunung ini menjadi destinasi pendakian yang wajib kamu daki.

Itulah 5 gunung tertinggi di Indonesia, sudahkah kamu putuskan untuk mendaki gunung yang mana? Gunung manapun yang kamu daki, tetap harus safety ya, keselamatan tentunya harus kamu utamakan.

Source Image : Hipwee, Hikenrun, Traver.tempo, Kompas

Bagikan:

Admin

Walaupun lambat teruslah berjalan, tinggalkan kata sebagai jejak kehadiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *