Surat As-Shaff Ayat 10

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا هَلْ اَدُلُّكُمْ عَلٰى تِجَارَةٍ تُنْجِيْكُمْ مِّنْ عَذَابٍ اَلِيْمٍ ١٠

Wahai orang-orang yang beriman! Maukah kamu Aku tunjukkan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih?

Asbabun Nuzul Surat As-Shaff Ayat 10

Dirwayatkan dari Abu Shaleh, “Mereka berkata, ‘Sekiranya kita mengetahui amalan yang paling utama dan paling disukai oleh Allah.’ Setelah itu, turunlah ayat ini. Akan tetapi, mereka ternyata enggan untuk berjihad sehingga turunlah ayat 2, ‘Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa kamu mengatakan yang tidak kamu kerjakan?’ “

Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Ali dari Ibnu Abbas riwayat yang mirip dengan diatas.

Ibnu Abi Hatim juga meriwayatkan dari Ikrimah dari Ibnu Abbas, demikian juga Ibnu Jarir dari Adh-Dhahhak yang berkata, “Ayat, ‘Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa kamu mengatakan yang tidak kamu kerjakan?’ Diturunkan berkenaan dengan seorang laki-laki yang dalam peperangan mengucappkan akan melakukan tindakan-tindakan yang ternyata tidak ia lakukan, yaitu menebaskan pedang, menusukkan tombak serta membunuh (pihak musuh).”

Ibnu Abi Hatim juga meriwayatkan dari Muqatil bahwa ayat ini turun berkenaan dengan larinya beberapa orang sahabat dari medan perang ketika berkecamuknya Perang Uhud.

Asbabun Nuzul Surat Lain

Asbabun nuzul selain surat As-Shaff Ayat 10 ada di daftar asbabun nuzul surat.

Baca Juga :   Asbabun Nuzul Surat Al-Qalam Ayat 2
Bagikan:

Admin

Walaupun lambat teruslah berjalan, tinggalkan kata sebagai jejak kehadiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *