Surat Quraisy

لِاِيْلٰفِ قُرَيْشٍۙ ١ اٖلٰفِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاۤءِ وَالصَّيْفِۚ ٢ فَلْيَعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِۙ ٣ الَّذِيْٓ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ ەۙ وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ ࣖ ٤

1. Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, 2. (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas. 3. Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan (pemilik) rumah ini (Ka‘bah), 4. yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa ketakutan.

Asbabun Nuzul Surat Quraisy

Al-Hakim dan yang lainyya meriwayatkan dari Ummu Hani binti Abu Thalib yang berkata, Rasulullah bersabda, “Allah memuliakan suku Quraisy dengan tujuh hal; aku berasal dari Quraisy, di tengah mereka terdapat Nubuwwah, merekalah yang dipercaya menjaga Ka’bah, mereka juga dipercaya memberikan minum kepada jamaah haji, Allah telah menyelamatkan mereka dari serangan tentara bergajah, mereka menyembah Allah selama tujuh tahun saat tidak ada suku lain yang menyembah-Nya, dan Allah menyebutkan nama mereka dalam sakah satu surat yang Dia wahyukan tanpa menyebut nama suku lain.” Setelah bersabda demikian, Rasulullah kemudian membacakan surat Quraisy.

Asbabun Nuzul Surat Lain

Bagi kamu yang mencari Asbabun nuzul selain surat Quraisy, kamu bisa mencarinya disini daftar asbabun nuzul surat.

Baca Juga :   Asbabun Nuzul Surat Al-Maun
Bagikan:

Admin

Walaupun lambat teruslah berjalan, tinggalkan kata sebagai jejak kehadiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *