Pegunungan di Jawa tengah bisa didaki baik oleh pemula maupun propesional, karena medan nya tidak terlalu berat dan banyak opsi jalur pendakian. Bagi sobat yang ingin menaklukan atap jawa tengah, admin sudah merangkum deretan gunung tertinggi di jawa tengah untuk di daki, berikut ini deretan gunung tertinggi di jawa tengah

Jawa Tengah lokasihnya yang berada di tengah pulau jawa, membuat provinsi ini mempunyai banyak gunung berapi dan hampir semua gunung di jawa tengah menjadi destinasi wisata bagi para pendaki. Rata-rata ketinggian gunung yang ada di jawa tengah itu berada diatas ketinggian 3.000 Mdpl.

Deretan Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

1. Gunung Slamet – 3.428 Mdpl

Gunung slamet merupakan atap tertinggi jawa tengah dengan ketinggian 3.428 mdpl. Gunung ini berlokasi di antara lima kabupaten, yaitu Tegal, Brebes, Pemalang, Purbalingga, dan Banyumas.

Terdapat 2 jalur pendakian gunung slamer yaitu jalur bambangan yang terletak di kabupaten purbalingga dan jalur guci / baturaden yang terletak di kabupaten tegal.

Gunung slamet merupakan gunung berapi aktiv, dimana ketika akan menju puncak masih terdapat medan berpasir dan berbatu dan sering terjadi longsor batu. Dipuncak sobat akan disguhkan kawah aktiv yang menyeburkan asap belerang.

2. Gunung Sumbing – 3.371 Mdpl

Gunung kedua yang menjadi atap jawa tengah adalah gunung sumbing, gunung ini terletak diantara 3 kabupaten yaitu, wonosobo, temanggung, dan maglang. Gunung ini memiliki ketinggian 3.371 Mdpl

Pendakian gunung ini selalu dibuka sepanjang tahun, untuk mengetahui informasi dibuka atu di tutupnya sobat bisa ikuti akun instagramnya. Jalur pendakian yang sering digunakan adalah jalur garung wonosobo.

Baca Juga :   Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Hiking

Gunung sumbing memiliki beberapa puncak, yaitu puncak buntu, puncak kawah, puncak rajawali dan puncak sejati. Puncak tertinggi dari gunung ini adalah puncak rajawali.

3. Gunung Lawu – 3.265 Mdpl

Gunung lawu sebenarnya berlokasi di perbatasa antara jawa tengah dan jawa timur, yang lebih tepatnya berlokasi di 3 kabupaten yaitu, karanganyar, ngawi, dan magetan. Gunung ini memiliki ketinggian 3.265 Mdpl sekaligus menyandang gelar atap tertinggi ketiga di jawa tengah.

Terdapat tiga jalur pendakian gunung lawu yakni, jalur candi cetho dan cemara kendang yang berada di jawa tengah, serta jalur cemara sewu yang berada di Jawa Timur.

4. Gunung Sindoro – 3.153 Mdpl

Sindoro merupakan gunung yang bertetangga ataub disebur kembar dengan gunung sumbing, gunung ini terletak di kabupaten temanggung dan wonosobo, gunung sindoro memiliki ketinggian 3.153 Mdpl.

Jalur pendakian gunung sindoro yang paling terkenal adalah via kledeung, karena akses basecamp yang dekat dengan jalan raya sehingga menjadi favorit. Pendakian via jalur ini biasanya memakan waktu 9 s.d 11 jam pendakian.

5. Gunung Merbabu – 3.142 Mdpl

Selanjutnya yang menjadi salahsatu atap jawa tengah adalah gunung merbabu, gunung ini berlokasi di kabupaten boyolali, magelang dan semarang. Puncak tertinggi gunung ini berada pada ketinggian 3.142 Mdpl.

Gunung ini dapat didaki dari 3 arah mata angin yaitu, utara, selatan dan barat. Terdapat tiga jalur pendakian menuju puncak, yaitu jalur selo yang berdapa di boyolali, jalut suwanting yang berada di magelang dan jalur wekas yang berada di kabupaten magelang.

Ketiga jalur diatas adalah jalur resmi pemdakian gunung merbabu, dan dilingkup dalam Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGB).

Itulah deretan gunung tertinggi di jawa tengah, tetap safety ketika mendaki gunung, agar selamat sampa pulang.

Source Image : Tribunnews, Gunungtrip, pikiran-rakyat,

Bagikan:

Admin

Walaupun lambat teruslah berjalan, tinggalkan kata sebagai jejak kehadiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.