Pendakian atau hiking merupakan hobi baru yang saat ini mulai trending di kalangan para millennial, mulai beberapa tahun terakhir banyak posko pendakian yang kewalaahan dalam menangani pendaki yang ingin melakukan pendakian. Para pendaki tidak semua berpengalaman, banyak juga yang masih pemula (Belum pernah naik gunung sama sekali).

Selain wisata pendakian yang meningkat drastis, tingkat kematian di gunung juga meningkat drastis dari tahun ke tahun, hal ini karena banyak dari pedaki yang melakukan traking dengan nekat, dan tanpa membawa alat serta perbekalan yang memadai untuk melakukan hiking.

Hal yang paling utama dalam mendaki adalah menjaga keselamatan diri sendiri, jangan sampai niat kita untuk berlibur berubah menjadi petaka yang tidak di inginkan, oleh karena itu admin sudah merangkum beberapa peralatan yang wajib dibawa pada saat mendaki gunung.

Berikut ini peralatan yang wajib dibawa saat hiking :

1. Tenda

Tenda merupakan peralatan yang wajib dibawa saat mendaki, fungsi tenda tentunya untuk melindungi kamu dari suhu dingin pegunungan yang mencekik dan juga dari hujan, serta binatang yang ada di hutan, jangan pernah sesekali mendaki tanpa membawa tenda.

2. Tas Gunung (Carrier)

Selain tenda, carrier atau tas gunung juga merupakan hal yang wajib kamu bawa, tentunya fungsi dari tas ini untuk menyimpan perbekalan dan peralatan yang nantinya akan kamu butuhkan Ketika proses pendakian, Tas gunung berbeda dengan tas biasa, baik itu dari segi kapasitas maupun kualitas.

3. Sepatu

Sebelum mendaki gunung, pastikan dulu kamu memiliki sepatu khusus untuk mendaki dan bukannya sepatu sekolah ya. Sepatu hiking memiliki beberapa kelebihan yang akan membuat proses mendaki gunung kamu menjadi lebih mudah. Contoh sepertihalnya daya mencengkeram yang tinggi, tahan terhadap berbagai cuaca dan juga melindungi kaki kamu secara maksimal dari duri dan bebantuan. Medan gunung itu tidak karuan, jadi usahakan menggunakan sepatu khusus untuk mendaki.

Baca Juga :   Persiapan Sebelum Mendaki Gunung

4. Sleeping Bag dan Matras

Sleeping bag akan membantu kamu untuk tidur dengan mudah, Suhu dingin pegunungan yang menusuk, contohnya seperti suhu pegunungan prau, yang dikatakan bisa mencapai minus 5 derajat, tentunya kamu membutuhkan selimut untuk tidur, jikalau kamu tidur tanpa menggunakan sleeping bag dan matras saat di gunung, ditakutkan kamu akan mati kedinginan. ingat Sleeping Bag dan matras adalah peralatan yang wajib dibawa saat hiking.

5. Headlamp/Senter

Headlamp / Senter berfungsi untuk pencahayaan, kondisi di gunung sangtalah gelap, kita tidak akan bisa melihat jalan tanpa bantuan senter/headlamp, apalagi untuk orang yang suka melakukan trakking pada malam hari, headlamp sangatlah diperluka.

6. Jas Hujan

Hujan adalah rintangan terberat Ketika mendaki gunung, jas hujan tentunya sangat diperlukan untuk melindungi kamu dari air hujan yang ditakutkan akan membuat kamu sakit di atas gunung. Membawa jas hujan hukumnya wajib.

7. Jaket/Pakaian Hangat

Jaket berperan penting dalam pendakian, apalagi pendakian malam hari, jaket sangat berguna sekali untuk menahan udara dingin masuk ke dalam tubuh, banyak jaket yang beredar di pasaran, namun yang admin maksud bukanlah jaket seperti pada umumnya, jaket yang admin maksud adalah jaket khusus untuk mendaki, yang memiliki ketahan terhdapa air dan udara dingin ekstra. pakaian hangat merupakan salahsatu perlatan yang wajib kamu bawa saat proses pendakian.

Itu saja mungkin beberapa peralatan yang wajib dibawa saat hiking, Selain siap secara peralatan Pastikan juga kamu sudah siap secara fisik dan mental ya!

Bagikan:

Admin

Walaupun lambat teruslah berjalan, tinggalkan kata sebagai jejak kehadiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.