Kegiatan mendaki gunung akhir-akhir ini menjadi kegiatan yang sedang naik daun dan banyak dari pemula yang ikut mendaki gunung, perlu diketahui mendaki gunung itu bukan sekedar camping dan mendaki biasa, tapi banyak hal yang harus dipersiapkan agar tidak mengalami kecelakaan yang tidak di inginkan.

Kematian di gunung akhir-akhir meningkat dan menjadi banyak perbincangan, pasalnya hampir 80% semua yang meninggal di gunung adalah pemula yang baru mendaki satu sampai tiga gunung. Saat ini kesadaran pendaki pemula masihlah sangat kurang oleh karena itu harus ada penyuluhan dari beberapa pihak termasuk pihak basecamp pendakian.

Sebelum melakukan pendakian, ada baiknya melakukan persiapan yang matang. Apa saja persiapan sebelum mendaki gunung? Wamin sudah merangkumnya dalam 7 hal yang harus dipersiapkan sebelum mendaki Gunung.

Berikut 7 Hal yang Haruh Dipersiapkan Sebelum Mendaki Gunung ;

1. Teman Pendakian

Apabila kamu seorang pemula dan ingin mendaki gunung, harap jangan sendirian tapi ushakan Bersama teman yang sudah berpengalaman, atau setidaknya pernah mendaki gunung yang akan didaki. Pendaki pemula juga wajib membentuk regu minimal 4 orang. Dengan adanya tim 4 orang nantinya akan memudahkan proses pendakian.

2. Level Gunung

Mencari info gunung yang akan didaki adalah hal yang wajib, kamu harus mengetahui kontur dan medan yang nantinya akan ditempuh. Apabila kamu pemula usahakan memilih gunung yang rendah dengan medan yang ringan, dan jangan langsung memilih gunung yang kontur berat dan tinggi.

3. Cuaca Sekitar Gunung

Setelah memperhatikan kontur dan medang gunung yang akan didaki perlu diperhatikan juga cuaca disekitar gunung, usahakan mendaki ketika cuaca tidak hujan, karena hujan akan berpengaruh kepada langkah pendakian.

4. Latihan Fisik

Fisik adalah modal utama jika kamu ingin mendaki gunung, pasalnya naik gunung itu tidak semuanya mudah, ada trak berbatu dan tanah licin yang menunggumu, apabila fisik kamu tidak kuat, ditakutkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjatuh dan lain-lain.

Latihan fisik sebelum pendakian adalah wajib, lakukan lari minimal 30 menit sehari agar tubuh terbiasa. Makan makanan yang sehat sebelum pendakian juga dianjurkan demi menjaga Kesehatan tubuh.

Baca Juga :   4 Gunung Tertinggi di Jawa Barat untuk Hiking

5. Peralatan Mendaki

Persiapan sebelum mendaki gunung yang sering disepelekan oleh para pendaki adalah peralatan, kebanyakan pendaki pemula suka tidak membawa sleeping bag, dan peralatan lainnya. Padahal kebanyakan yang meninggal di gunung karena peralatan mereka yang tidak lengkap.

Peralatan yang wajib dibawa ketika akan melakukan pendakian adalah, tenda, sleeping bag, senter, kompor, nesting, pisau, korek api, jaket, sandal capit, sepatu, matras kupluk/ciput, tali, pakaiain ganti yang ringan, jas hujan dan masih banyak lagi.

Usahakan perlengkapan yang dibawa selengkap mungkin jangan sampai ada yang kurang, karena ketika sampai kawasan pegunungan pasti alat-alat tersebut sangat dibutuhkan.

6. Perbekalan

Selain peralatan yang tak kalah penting adalah menyiapakan perbekalan, karena perbekalan adalah sumber tenaga agar kamu bisa mendaki sampai puncak dan turun dari puncak dengan keadaan selamat tanpa luka sedikitpun.

Bawalah air minimal 3 liter peroang (jika digunung tersebut tidak ada sumber air) namun jika ada sumber air bawalah secukupnya saja sampai sumber air. Tapi ingat jangan bawa terlalu sedikit air, karena ditakutkan juga sumber airnya kering. Bawalah makanan yang bergizi dan mudah dimasak seperti telur, tahu tempe, nasi, mie instan, roti , buah-buahan, dan yang lainnya.

Selain menyiapakan perbekalan perut, kamu juga wajib menyiapkan P3K untuk berjaga-jaga apabila terjadi kecelakaan ringan, seperti lecet dikaki akibat sepatu, tergores pepohon dan lain-lain.

7. Mental

Terakhir persipan sebelum mendaki gunung adalah menyiapkan mental kamu, karena gunung merupakan tempat alam liar, semuanya masih alami dan sangat menakutkan. Kota dan hutan jangan disamakan, jaga bahasa yang kalian ucap, karena tidak menutup kemungkinan ada makhluk selain manusia yang bermukim digunung tersebut.

Sekian persiapan sebelum mendaki gunung – 7 Hal yang Haruh Dipersiapkan Sebelum Mendaki Gunung ala waktos, tetap jaga diri dalam pendakian, jangan memaksakan jika tidak kuat untuk lajut, turun adalah solusi terbaik demi keselamatan kamu. Salam mendaki.

Bagikan:

Admin

Walaupun lambat teruslah berjalan, tinggalkan kata sebagai jejak kehadiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.