Daftar Isi: [Sembunyikan] [Tampilkan]

Mengenal UMPTKIN

UMPTKIN adalah salah satu jalur masuk Perguruan tinggi islam negeri di Indonesia, jalur UMPTKIN ini sama halnya dengan jalur SBMPTN namun yang membedakan adalah jalur UMPTKIN ini adalah jalur khusus untuk masuk ke UIN / IAIN seluruh Indonesia yang dinaungi oleh kementrian agama republik indonesia, sedangkan SBMPTN adalah jalur masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN).,

Dilihat dari segi materi, materi yang di ujikan di UMPTKIN sangatlah mudah di banding materi yang di ujikan di jalur masuk SBMPTN, diantara materi yang di ujikan yaitu : B. arab, B. inggirs, matematika, TPA, keislaman dan ipa terpadu/ips terpadu ( jumlah soal ipa tepadu / ips terpadu hanya 30 soal).

Bagi kalian yang ingin mengikuti seleksi UMPKIN kalian harus siapkan mental dan tenaga yang kuat, pasalnya pendaftaran UMPTKIN beriringan dengan pendaftaran SBMPTN dan tesnya pun dilaksanakan 1 minggu setelah SBMPTN, jadi jika kalian ingin mengikuti jalur UMPTKIN dan SBMPTN kalian harus siap dalam segalanya.

Tips Lulus UMPTKIN

Tips lulus UMPTKIN ini di share oleh peserta yang berhasil LULUS UMPTKIN. Wamin harap tipsnya dapat membantu kalian semua.

  1. Beribadah/Berdoa
    Hal pertama itu jangan pernah tinggalkan ibadah kepada Allah SWT, dan mintalah pertolongan dari-Nya, karena hanya Allah lah sebaik-baik penolong bagimu.
  2. Belajar Dengan Teratur
    Bagi temen-temen yang ikut tes apapun lebih baik belajar secara teratur minimal selama satu bulan, jangan pernah belajar dadakan semisal seminggu sebelum tes baru belajar, itu sangat tidak dianjurkan. Belajar secara teratur tidak akan membuat otak stres, berbeda dengan belajar dadakan sama saja anda bunuh diri, karena jika kita belajar dadakan yang ada bukan bisa mengerjakan soal tapi otak temen-temen bisa stress.
  3. Istirahat yang Cukup
    Setiap manuasia mempunyai waktu istirahat yang berbeda kadang ada yang membutuhkan waktu isitirahat sebentar dan kadang juga ada yng membutuhkan waktu istirahat lebih lama. Kenali didiri anda dan lakukan istirahat yang teratur, karena dengan istirahat yang cukup bisa membuat pikiran anda llebih segar dari pada biasanya.
  4. Kenali Lokasi Tes ( Tempat Tes)
    Kelihatannya sepele, tapi ini sangat penting juga agar temen-temen tidak terlamabat ketika datang ke tempat tes. Banyak orang yang mnyepelekan tentang hal ini akibatnya banyak juga yang terlambat datang dan akhirnya mereka sendiri yang rugi.
  5. Jangan Begadang ketika Besok Paginya akan Ujian
    Seperti yang sudah di jelaskan bahawa istirahat yang cukup bisa menambah kesegaran otak di pagi hari, untuk mencegah lelahnya otak di pagi hari usahakan pada H-2 sampai hari H jangan belajar sedkit pun tapi cobalah menenangka diri dari segala beban, perlu diingat otak juga perlu refresing.
  6. Bawa Air Minum 
    Ketika akan melakukan tes saya anjurkan untuk membawa air minum kedalam ruangan, air minum dapat menenangkan sekaligus mendinginkan tubuh anda dari panasnya pikiran anda. Ini hal sepele tapi saya yakin ini sangat membantu anda.
Baca Juga :   Beasiswa Bank Syariah Indonesia 2022

Penutup

Sampai disini pembahasan tentang UMPTKIN, tips lulus UMPTKIN diatas bisa juga diaplikasikan pada ujian lainnya, dari tips diatas memang tidak ada tips khusus, justru dari pola hiduplah anda bisa menjadi manusia yang luar biasa, dan menjadi manusia yang lebih hebat dari orag lain. Terima kasih semoga bermanfaat, jika ada tambahan mengenai tips ini bisa tuliskan komentar di bawah.

Bagikan:

Admin

Walaupun lambat teruslah berjalan, tinggalkan kata sebagai jejak kehadiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.